Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

5 Langkah Dapatkan Kembali Energi Positif di Tengah Pendemi

Post a Comment

Pandemi COVID-19 masih belum menunjukan tanda-tanda mereda. Akhir-akhir ini kasus baru justru menunjukan peningkatan. Salah satu penyebab yang mempersulit pengendalian COVID-19 adalah kondisi masyarakat sudah memasuki fase pandemi fatigue. Selain menimbulkan kelelahan dan stress, kondisi ini juga dapat mengancam kondisi mental kita.

Berikut 5 langkah yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali energi positif ditengah pandemi:

1. Jaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh adalah yang paling utama dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Pastikan Insan Kalbe memiliki waktu tidur yang cukup (minimal 7 jam sehari), jaga pola makan yang bergizi, dan lakukan olahraga. Selain membangkitkan motivasi, olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

2.  2. Batasi asupan berita

Merupakan hal yang baik untuk selalu terupdate dengan informasi terkini seputar COVID-19. Tetapi terlalu banyak informasi yang kita dapat juga dapat membebani kita dengan emosi yang negatif dan menguras energi. Pastikan untuk memilih sumber informasi yang akurat. Untuk tetap memiliki energi positif, batasi konsumsi berita sekali sehari selama 1 jam, atau jika perlu beristirahatlah dari berita selama satu sampai dua hari dan lihat apakah Insan Kalbe merasa lebih baik.

3.  3. Kurangi stress

Berfokuslah pada aktivitas yang menyenangkan atau membawa kegembiraan, dengan begitu akan menurunkan tingkat stress Insan Kalbe. Lakukan hal sederhana namun bermakna misalnya, memasak, yoga dan meditasi, atau bermain dengan hewan peliharaan.

Terkadang, rasa takut dan cemas itu bisa membuatmu memikirkan hal-hal yang buruk. Cobalah ubah pikiran negatif itu dan menggantinya dengan pernyataan yang lebih realistis.

4.  4. Tetap terhubung dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial, sendirian dan merasa terisolasi dapat membuat kita menjadi stress. Jadi sangat penting untuk tetap terhubung dengan orang lain selama pandemi. Tidak harus dengan kontak fisik, lakukan dengan cara yang aman seperti telepon, video call atau media sosial.

5.  5. Ciptakan tradisi baru

     Alih-alih menemukan kesenangan yang hilang, cobalah untuk ciptakan tradisi baru di masa pandemi saat ini. Gunakan waktu luangmu untuk mempelajari keterampilan atau membuat rutinitas baru dan temukan kebahagiaan baru di dalamnya.

     Sumber: UCLA Health (connect.uclahealth.org)

Related Posts

Post a Comment